SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Selasa, 17 Desember 2013

Nomor Atom dan Bilangan Massa

Nomor Atom dan Bilangan Massa

Atom tersusun dari partikel-partikel yang lebih kecil lagi yang disebut partikel subatom.  Partikel subatom ada 3 yaitu proton, neutron, dan electron. Proton dan neutron terdapat di inti atom. Elektron mengelilingi inti atom. Sistem ini mirip dengan tata surya kita yaitu bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Inti atom sering juga disebut nucleon. Fungsi neutron dalam inti atom adalah sebagai tenaga pengikat inti agar proton yang satu dengan yang lain tidak tolak menolak. Dengan demikian, inti atom akan stabil.
Sekarang kita bahas tentang nomor atom dan bilangan massa. Perhatikan definisinya berikut ini.
Nomor atom (Z) adalah bilangan yang menyatakan banyaknya proton dalam inti atom atau banyaknya electron dalam atom.
Bilangan massa (A) adalah bilangan yang menyatakan jumlah proton dan neutron di dalam inti atom. Massa atom ditentukan oleh jumlah proton dan jumlah neutron saja sedangkan jumlah electron tidak mempengaruhi bilangan massa, hal itu terjadi karena massa electron sangat ringan jika dibandingkan massa proton dan neutron. Oleh karena itu keberadaan electron bisa diabaikan.
Cara menuliskan suatu lambang unsur lengkap dengan nomor atom dan bilangan massanya adalah nomor atom (Z) diletakan pada bagian bawah, sedangkan massa diletakan pada bagian atas. Maka penulisannya adalah azX.

0 komentar:

Posting Komentar